#Human Resources Project Manajement

Yang akan dibahas dalam materi ini ialah:

  1. Manajemen SDM dalam proyek
  2. LRC (Linear Responsibility Chart)
  3. Produktivitas tenaga kerja

 

  1. Human Resource Management adalah prosedur sistematik untuk mengumpulkan, menyimpan, mempertahankan, menarik, dan menvalidasi data yang dibutuhkan oleh sebuah organisasi tentang sumber daya manusia, aktivitas sumber daya manusia, dan karakteristik unit organisasinya. (Manajemen Sumber Daya Manusia, Henry Simamora).

Tahapan Manajemen SDM

  • Perencanaan Sumber Daya Manusia
    Mengidentifikasi dan mendokumentasikan peranan seseorang dalam proyek, tanggung jawabnya dan bagaimana relasi pelaporan orang tersebut dengan orang-orang lain dalam proyek.
  • Akuisisi Tim Proyek
    Mendapatkan tim projek dengan melibatkan mendapatkan dari beberapa personil yang ada pada tim projek dan ditugaskan untuk dan bekerja pada projek.
  • Mengembangkan Tim Proyek
    Meningkatkan kompetensi dan interaksi anggota tim proyek, baik secara individual maupu secara berkelompok untuk meningkatkan kinerja proyek
  • Mengelola Tim Proyek
    Memantau kinerja tim proyek dengan memberikan masukan atau motivasi, solusi ataupun sekedar koordinasi dalam rangka meningkatkan kinerja proyek
  1. Linear responsibility charts (LRC) atau dikenal sebagai responsibility assignment matriks (RAM), adalah jenis khusus dari matriks yang digunakan dalam manajemen proyek.

Manfaat Responsibility charts :

  • Membantu tim kerja alam di charting peran dan tanggung jawab
  • Membantu tim kerja alami dengan perkembangan pelaksanaan tool kits toolkit
  • Mengklarifikasi individu / departemen peran dan tanggung jawab
  • Mengidentifikasi akuntabilitas
  • Menghilangkan kesalahpahaman, mendorong kerjasama tim
  • Mengurangi duplikasi usaha
  • Menetapkan “berkonsultasi” dan “menginformasikan” sehingga lebih baik komunikasi

Tujuan Responsibility charts :

  • Mengidentifikasi individu dan tim peran dan hubungan timbal balik
  • Understand and clarify roles and expectations Memahami dan menjelaskan peran dan harapan
  • Improve accountability, delegation, communication and teamwork Meningkatkan akuntabilitas, delegasi, komunikasi dan kerjasama
  1. Produktivitas tenaga kerja  adalah salah satu ukuran perusahaan dalam mencapai tujuannya. Sumber daya manusia merupakan elemen yang paling strategik dalam organisasi, harus diakui dan diterima oleh manajemen. Peningkatan produktivitas kerja hanya mungkin dilakukan oleh manusia (Siagian : 2002).

Sumber

Nama : Iin Devi Riani

Kelas : Manajemen Reg-B2 B

NPM : 0216104079

Dosen Pengampu : Iis Rostiawati, S. E., M. M.